Wednesday, February 15, 2006

Pasar Sayur

New Vegetables Market di Madinat Zayed.

Sejak dipindah dari lokasi lama di Souq Samak - Hamdan, kayaknya pasar ini masih belum seramai pasar yang lama, tapi tetap aja pasar ini sangat oke dikunjungi, penjualnya ramah2, sayurannya segar dan juga murah sayurannya.
Juga jangan salah pasar ini pake AC lho, jaga2 kalau musim panas ntar biar pengunjungnya gak kepanasan.
Pagi ini, kepasar bareng Oki dan orang tuanya yang lagi kebetulan ada di Abu Dhabi.
Si madame Tapioka ini kayaknya mau beli tapioka lagi deh.....
kayaknya udah mendarah daging menyelami dunia tapiokanya.

Kalau pagi gini kayaknya sayuran dan daging2an pada datang, lihat aja gerobak eh mobil sayurannya, dikemas rapi betul, pantas aja mutu sayurannya juga oke, sama dengan mutu sayuran disupermarket.
Kadang kalau lihat mobil sayuran datang, agak terpesona juga soalnya kok bisa ya rapih seperti ini, dari mana asalnya mereka belajar hal seperti ini, jadi inget negara sendiri deh.....

Mobil yang bawa daging ini, sama saja rapihnya, gak berbau daging yang menyengat, padahal mereka juga bawa daging lamb, karena ya mobilnya ini dilengkapi pendingin, jadi awetlah isinya.
Juga bisa dimengerti, mobil pembawa daging ini harus dengan pendingin, lha wong kalau musim panas kan, panasnya kan ajaib disini, bisa2 daging belum sampai pasar udah busuk duluan....

Begitu masuk pintu kiri, kita langsung ke daerah daging2an dan langsung kios yang jual daging ayam dan telur, kayaknya satu2nya deh.
Orangnya super ramah, sekali saya beli disini, kalau pas besok2annya lewat toko dia pasti ditegur, "hallo madame how are you?" jadi malu deh....
Tapi itu adalah suatu usaha menjalin silahturahmi dengan pembeli, dan cara dagang yang baik. Buktinya pagi ini saya ajak Oki ini untuk mampir lagi ke kios dia, dengan catatan tambahan, harganya bagus dan orang nya gak jutek.....

Nah ini lorong tempat kios2 daging berada. Tempat ini cukup rapih untuk ukuran pasar, bahkan sering banget dipel.
Selain bersih, sejuk juga, jadi yang namanya pasar itu dibuat memang senyaman mungkin tetapi dengan harga sewa yang masih terjangkau para pedagang.
Kayaknya disubsidi pemerintah deh. Nyaman kan belanja disini ?
( Belajar dari mana ya, cara mengelola sesuatu dengan baik nih ?)

Kalau jalan terus lagi, sebelah2nya kios ayam nih ada kios perdagingan, tapine yang jadi langganan ibu2 ini kan kiosnya Al Manzoor, ah kalau dalam lafal kita sih Mansyur.
Lihat aja stok dagingnya dia banyak amat, yang didepan itu lamb, favoritenya orang lokal.
Dan semua penjual dagingnya harus berbaju putih semacam lab. jas, tapi penjual sayuran mah baju bebas aja.
Kesannya memang lebih higienis kalau yang jual pake baju putih gitu, rapih geethoooo......

Bagian sayurpun lihatlah, rapih sekali kan tiap kios2nya.
Yang lagi jalan ditengah itu, adalah pemberi jasa ngangkatin belanjaan kita, yang dengan bahasa lokal sini namanya "kuli".
Jadi begitu turun mobil mereka selalu nawarin "kuli madame?"

Pasar ini buka dari jam 7 pagi sampai malam jam 10, tetapi menjelang lohor hingga menjelang magrib tutup. Tapi seumur saya disini baru sekali kepasar jam 7 malam.
Aneh aja rasanya kepasar kok malam2, padahal lokal disini sukanya kepasar sore sampe malam, makanya pasar kalau pagi tampak agak sepi.

Nah kalau kita masuk dari pintu utama, lagsung ke kios sayur2an, dan kios sayurannya ya berderet2 gitu, kayaknya ada 3 lorong deh, khusus sayuran.
Pilihan sayurannya sih lumayan banyak, asal berani nyoba, gak kekurangan pilihan kok, kalau lihat hijau2 nya sayuran ini, rasanya pengen beli semua...

Kios yang satu ini memang rada tumpang tindih, gak tau kenapa, tapi paling laku deh.
Ah terkenang daku dengan jamannya catering dulu, kalau pilihan sayuran sebanyak ini, menu sayurannya bisa lebih bervariasi deh.....

Nah ini madame Tapioka sedang beraksi pilih2 tapioka, eh singkong.
Bagusnya cara jual singkong itu, dikemas dalam box yang diisi dengan tanah gambut, jadi si singkong tadi tetap lembab, dan kelihatannya agak lama freshnya.
Memang harga singkongnya lebih mahal daripada singkong di tanah air tapi lumayanlah ada yang jual singkong dinegeri orang, juga fresh, gak dalam bentuk frozen jualnya.

Eh ibu, cari apa sih? ooo kacang panjang tho, mau bikin lodeh atau sayur asem ?Aduh kok enak ya kedengerannya jadi laper, gimana ya Pak kalau aku ntar siang mampir ya ? ( enak aja ya jeng satu ini....)
Bapak dan Ibu Sarno Handoko nih baik hati deh, gak jaim.
Padahal bapak tuh purnawirawan ABRI tapi sama sekali gak terlihat post power syndromenya.
Kayaknya kami yang hampir menjelang masa itu harus banyak berguru pada bapak dan ibu ya ?
Bagaimana menikmati masa pensiun dengan hati yang lapang, waaaa masih banyak ilmu kehidupan yang belum kami ketahui nih.
Kami masih ingin ngobrol2 lagi nih dengan bapak dan ibu kayaknya.
( mau kan pak ? ibu ?)

Nah ini nih, ngelihat kami bikin foto2 ternyata yang punya kios sayur ini kayaknya pengen difoto juga, mari deh pak kita fotoin ya ?
Jangan heran kadang orang disini susah ketawa, walau hatinya baik tapi kalau difoto bikin gayanya ya gitu aja , gaya cumi, padahal pengen banget difoto.
Wah tampak Pak Sarno sedang mengagumi sayuran di kios ini....banyak macam sayuran aneh2 ya Pak ?

Nah kayaknya buah2an juga butuh ya ? ini lihat orange mandarinnya? sedepkan gede2, tapi agak kurang manis kata suamiku, kalau aku sih memang suka jeruk yang agak kecut2.
Pisangnya porsi laper banget, rasanya makan satu kenyangnya ampe lama deh, tapi kalau dibikin kue, mesti hati2 dengan resep Indonesia, karena kalau dibilang pisangnya 3, nah kalau pake pisang ini kayaknya 2 cukup deh?
Kios ini memang udah kayak supermarket kecil aja, segala ada, sampe nangka muda juga ada lho....
Itu si bapak masih ngintip dari dalam, apa pengen difoto lagi kah ?

Nah ini yang geli betul, lihat tetangganya difoto, lah kok minta difoto juga, heran deh, dengan seneng hati bergaya....
Tapi ya itu jangan heran, gak bisa senyum. Tapi udah mending gak pasang gaya cumi.
Gak ngerti kenapa ya tapi kayaknya budaya senyum kalau difoto, budaya Indonesia kali yee, makanya orang Indonesia dibilang ramah .....
Rak sayuran disini rapih banget, gak tumpang tindih kayak tetangganya.

Yang bikin lebih geli lagi, yang bossnya kios ini, lagi duduk didalam kios rupanya lihat temannya difotin lho kok protes karena belum difotoin juga.
Uniknya si asistennya yang lagi berdiri ini, tadi dilapin dulu mukanya, baru okeh katanya, boleh ikut difoto.......
Selesai difotoin, bilang thank you nya masa ampe berkali2, jadinya malah saya yang malu.....

Nah udah ya, belanja udah komplit, mari kita pulang nih....lho itu si madame apaan kok mau bawa kereta barang segala ? mau borong sayuran lagi ?
walah kalau sudah ngawur gini mending pulang ajalah.....he he he.
Sayang fotonya rada gelap, bukan mati lampune tapi efek cahaya didepannya. (*menjelaskan*mode on)

Eh, aku gak ikut ke Carrefour ya ? soale mau ada tamu dirumah nih....
Untung bawa mobil sendiri2 jadi gak perlu saling tergantung di tiang jemuran eh salah ya ? *ikut ngawur juga.com. *
( ini juga rada gelap fotonya, lihat aja matahari Emirates begitu mencrongnya....(bahasa apa ya mencrong tuh?)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home