Thursday, October 04, 2007

Puasa dan berlebaran di Abu Dhabi (bagian 1)

Tahun ini adalah puasa yang ke 3 buat saya dinegeri ini.
Puasa dinegeri orang, memang berbeda juga dengan puasa dinegeri sendiri, meskipun bermukim dinegara muslim.
Adat istiadat berpuasa emang secara garis besar sama, tapi tetap saja dipengaruhi oleh adat setempat.

Yang paling menyolok dari tradisi disini adalah mulai dijualnya berbagai macam sweets, manisan ala timteng, seperti kunafa, baklava, ghulab jamun dll, yang jangan tanya manisnya kayak apa...
Ada juga dijual serabi ala timteng yang namanya qatayef, yang makannya disiram ama madu dan kadang dengan labneh.
Buat makan yang manis2 mereka seh makannya diseling dengan kopi pahit jadi gak kerasa manis sekali.
Ada juga antara lain gorengan mereka yang disebut falafel, mayan sedep dari kacang cheakpea ditambah daun ketumbar lalu dibetuk bulat2 dan digoreng.
Ini harganya murah meriah, biasanya hanya 50 sen ajah satunya atau bisa 1 dhs dapet 3.

Di resto kecil India , mereka juga jualan gorengan, yang kebetulan saya tau namanya ya pakora, samosa, lalu ada kayak pastel kita tapi gede..., dan ada kentang utuhan yang dibungkus kayak kulit pastel, atau kacang2an yang dibungkus kulit pastel juga, harga ? hmmm murmer bener, pokoke asyik.
Bahkan kadang kala ada juga martabak yang aslinya india... rasanya okeh saya suka juga, tapi dibanding martabak yang ada di indonesia mungkin karena dah terbiasa, ya enakan yang biasa kita makan.

Dan yang paling ditunggu adalah jualan berbagai macam kurma dari yang paling murah sampai yang kelas atas, kayak meejool dan ambar.
Juga kurma segar, yang kelas biasa dijual kiloan dan kelas bagus dijual perdus di C4 contohnya, dan agak mahal tentunya.
Tapi emang beda banget rasa kurma yang udah di preserve dengan yang seger... rasanya males banget makan kurma non seger lagi, begitu sekali pernah nyoba yang seger, apalagi sesekali diseling ama kurma muda.....*cling2*


Kalau mau belanja keperluan "sembako" di supermarket dibulan puasa .... nhaaa ini tricky banget, kudu tau kapan enaknya kalau engga kita bisa terjebak dalam antrean panjang.
Di saat week days enaknya belanja tuh pagi sampai jam 2 siang deh. Abis itu sampai buka puasa rame, karena bapak2 juga pulang kantor suka belanja.
Disini jam kerja kalau puasa pendek, dan bapak2 lokal tuh biasa yang belanja jarang ibu2nya, jadi jam segini biasanya banyak banget bapak2 lokal.
Abis buka, 1 jam setelahnya mulai rame lagi...
pasar atau spm, walah ramenya...(disini pasar emang buka sampai malam)
pokoke hindari jam2 ini deh, biar sampe tengah malam masih kayak pasar ramenya. (lho namanya pasar ya kayak pasar atuh...).

Kalau wiken lain lagi, hampir setiap saat rame, soale jumat pagi dimana lokals masih pada ngorok, expat yang non musim biasanya mereka berbelanja, juga sabtu pagi sama seperti itu juga, tapi begitu jam bergulir agak siangan, mashaAllah beneran pasar malam pindah.
Pasti antreannya ampun2an, apalagi kalau hanya beli sedikit, bisa bete nunggu bayarnya meski udah dikassa "express max 10 pieces".

Karena orang2 disini terutama lokalnya kalau belanja dibulan puasa kebanyakan sejibun.... karena ajang beramal mereka lakukan saat ini, banyak rumah2 yang membuka pintunya untuk memberi kaum buruh makanan buka puasa.
Didaerah para ningratnya, hampir semua "open house" pada saat akan berbuka puasa, juga biasanya didepan mesjid besar selalu ada tenda yang sengaja dibangun buat memberi makan para buruh ini.
Kayaknya bulan puasa ini gak ada buruh yang kelaparan, itulah bagusnya di AD.
Tapi kadang kala ada juga beberapa tenda yang dipake buat kaum "high class" berbuka bersama dengan sesamanya ditenda2 ini, karena tendanya juga berAC seh...dan nyaman juga.
Pernah saya sekali pas lewat lihat mereka udah duduk rapih didalam tenda, hanya para prianya tentunya dan para pembantunya sebok banget wara wiri bawain jamuannya (pengen deh ngintip, apa ajah yang disuguhkan).

Bagaimana dengan harga ? nah ini mah relatif, kebanyakan sayuran kalau yang gak musim ya naik harganya, gak bulan puasa juga biasa begitu.
Tapi gak gila2an kayak di Indonesia kalau dah puasa semua naik, bahan pokok ikutan naik.
Tampaknya walaupun naik disini tapi masih aman terkendali, karena sebetulnya naiknya bahan2 makanan di AD adalah sejalan dengan inflasi dunia dan standar gaji yang baru ajah dinaikkan di seluruh AD, wajarlah.

Namanya sayuran ya didaerah gurun, emang gak murah banget tapi juga masih terjangkau, dan yang masih bikin saya tetap tersenyum itu harga kangkung tetep segitu, bayem juga, kacang panjang gak naik...
kalau buncis wortel kayaknya masih harga biasa, kadang murah kadang agak naik dikit tergantung pemasoknya. Dan kami biasa beli wortel importan australia... jangan salah, itu murah disini.
Banyak sayuran hasil petani Oman atau juga petani di Al Ain UAE, tapi banyak juga import dari India, Jordan atau Libanon.
Kalau makanan asia biasanya SPM import dari Thailand, dan China yang biasanya memasok garlic kadang malah brokoli.
Dan jangan salah banyak sayuran import datangnya dari Belanda, kayak daun prei besar, selada, sawi putih dan paksoy, harga ? tentu saja mahal.
Dari amrik biasanya buah2an, dan sekarang lagi sales banget anggur, yang ijo seedless lumayan murah, tapi strawberry mahal banget.

Yang mahal saat ini mah biasanya brokoli ama sawi putih, karena emang lagi gak musim dan import, tapi kalau musim dan lokal juga panen ya diobral, buru2 deh beli dan menu harian brokoli dan sawi putih ajah mumpung murah.

Obral selama puasa ?
walah ini mah banyak...
terutama di SPM, Coop atau C4, atau SPM bule kayak Spinney atau Abela pun gak mau kalau banyak juga obralannya.
seneng banget kalau dah gini, hunting barang2 atau bahan makanan kalengan yang obralan... banyak juga bedanya soale.
kadang piring makan, lodor2 dan pyrex2 atau panci (halah panci lagi), kortingnya menggiurkan deh.
Juga bahan makanan biasanya banyak banget kortingnya.
Jadi kalau dibilang puasa disini rada repot ngatur anggaran seh engga, lha wong banyak obralannya, asal pinter mix matching, jadilah dapur tetep ngebul dengan dompet tetep aman terkendali.

Kalau disini saya menerapkan menu tergantung obralan ajah, apa yang diobral itu yang dibeli, seperti kata teman yang di amrik, kalau bisa beli dengan harga obral kenapa harus beli dengan harga penuh ?

bersambung ke : BAGIAN 2

3 Comments:

At 9:14 AM , Anonymous Anonymous said...

assalamualaikum ibu esther,salam kenal. saya br saj liat2 nih bu...! kebetulan sy jg tinngal di abu dhabi,di al fallah street. rima kasih ya bu bwt resep2nya. (yeni purwanto)

 
At 9:14 AM , Anonymous Anonymous said...

assalamualaikum ibu esther,salam kenal. saya br saj liat2 nih bu...! kebetulan sy jg tinngal di abu dhabi,di al fallah street. rima kasih ya bu bwt resep2nya. (yeni purwanto)

 
At 2:27 PM , Blogger Bunda Estherlita said...

wah senengnya bisa ketemu teman sekota...
kalau gak adaacara malam ini di KBRI ada malam nuzulul, datang deh , ntarkita bisa ketemuan...

salam

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home