Thursday, October 04, 2007

Puasa dan berlebaran di Abu Dhabi (bagian 2)



Sekarang bagaimana dengan seafood ?
Kalau ini gak related dengan puasa, tapi dengan musim.
Sekarang lagi "banjir" udang dari Oman. Rupanya tambak disana sedang panen, maka itu harga udang juga gak terlalu serem buat yang ukuran 30, 20 atau bahkan 10 pun ada, malah cari yang kecil ukuran 60 dan 80, gak bakal ada..
Semua udangnya tumbuh dengan subur kayak gw.

Ikan juga begitu, rada2 mayan harganya sekarang, hanya tenggiri ajah masih tahan harga karena banyak lokals yang demen makan king fish steak.
Ikan lainnya harganya ya biasa ajah deh, gak nyeremin pokoke.

Kalau ikan2 import biasanya hanya ada di supermarket tapi anehnya bandeng gak ada lagi di C4, tapi masuk pasar, padahal katanya bandeng itu import dari mana lupa...
Kalau cumi saya gak gitu tau, kadang ada dipasar kadang gak ada , dan di SPM idem juga gak selalu ada.
Tapi ikan "menak" kayak salmon, trout, monkfish dll, ya ada seh, juga kayak scallops, kerang macam2 juga dijual dengan harga yang bikin alis gw naik....
Yang ikan tilapia masih dijual dengan harga murah juga di SPM, tapi selalu dengan warning gak boleh di frozen lagi.

Kami bukan penggemar ikan dan seafood terutama cumi saya kurang suka karena takut ama kakinya yang berkutil.... kalau udang ama kepiting masih okeh dikit2 itu juga takut kholesterol...jadi hati2.
Jadi kalau harga ikan lokal mahal ya sekalian ajah beli ikan kelas menak, lha wong harganya gak beda banyak dan...makannya juga sesekali, hanya untuk memenuhi kebutuhan badan akan omega 3.
Paling yang ditabrak aja beli, biar mahal ya bandeng atau tenggiri. Soale kalau pas butuh bikin siomay piye, juga butuh pengen bandeng presto kan tetep kudu dibeli....lainnya kurang doyan soale.

Ke pasar ikan lazimnya kalau week days mah ramenya malam atau sebelum buka puasa, pagi agak sepi, tapiiiii kalau wiken, jumat pagi ramenya dooooo......
Padahal pada hari Jumat pagi gak bulan puasa, banyak pedagang ikan yang gak jualan tapi dibulan puasa semua jualan hingga mendekati waktu sholat.
Kalau wiken sabtunya walah seharian penuh banget tuh pasar, biarpun ber AC dingin tapi karena banyaknya orang ya berasa juga kurang adem lagi kalau pas belanjanya siang hari.

Jadi belanja selama bulan puasa itu emang kudu tau caranya dan kapan2nya kalau mau santai buat yang puasa.

Nah bagaimana dengan lebarannya ?
Para lokals biasanya seh gak begitu besar2an merayakan Iedul Fitri, gak kayak di Indonesia, mereka malah lebih merayakan Iedul Adha.
Sholat Ied mah biasa semua pada sholat tapi setelah itu rasanya kok gak ada gregetnya.
Suasana malah sepi ajah, toko2 juga buka seperti biasa.
Entah among the locals, apa mereka saling mengunjungi, gak tau juga, tapi yang pasti bossnya si bapak waktu akan didatangi masih tidur padahal dah jam 10 pagi....

Kalau kita warga Indonesia kebanyakan sholat Ied di KBRI, meskipun ada juga beberapa yang sholat di mesjid deket rumahnya.
Acara selanjutnya biasanya sarapan lontong opor di KBRI buat seluruh warganya, dan seperti biasa dihari kedua atau langsung ya malamnya open house di kediaman keluarga dubes.
Tahun ini dubesnya blum ada pengganti yang lama, baru ada KUAI (jangan tanya singkatan apa itu, kayaknya pengganti sementara belum ada dubes.)
Jadi entah ada open house atau tidak, tapi selama saya di AD emang belum pernah datang ke open housenya dubes, yang ada malah jalan2 ajah.
tahun pertama lebaran kami jalan ke Muscat, Oman.
tahun kedua ke Musandam Oman Utara
tahun ketiga inshaallah kami akan ke Fujairah

Semua perjalanan ini selalu kami lakukan bersama teman2 berombongan, makan ketupat lebarannya seh ditempat tujuan jalan2 kita, dengan masing2 potluck, asyik kan ? Atau bisa juga setelah kembali dari liburan kita baru ber ketupat lebaran.

Tapi kebiasaan diAD, buat "Indonesianers", kalau open house, modelnya dijadwal pake kertas edaran, kapan2 mau open house.
Sebetulnya enak banget praktis, tamunya engga nyicil tapi sekaligus datang dan beres...
Dulu selagi kami masih di kaltim tamu datangnya nyicil, dooo repotnya setengah mati, kudu tiap kali nganget makanannya. Beneran gak praktis, maklum hanya tetangga2 ajah yang datang kan gak bisa dijadwal.

Hanya ada uniknya juga, karena ada edaran gitu kadang yang datang itu yang gak dikenal ama tuan rumahnya.
Pernah ada kejadian lucu, ketika si tuan rumah duduk sebelah tamu yang tak dikenalnya , si tamu terima telpon, lalu berbicara dengan sebrang : "wah gak tau ya rumah siapa ini pokoke aku datang ajah makan".
Langsung situan rumah bete surete deh, kebayang....
Pernah juga ada tamu yang udah gak kenal ama tuan rumahnya juga samsek gak cari tau siapa tuan rumahnya, hanya datang buat makan semata.

Mbok ya kalau gak kenal gak usah datang ajah, kan malu2in deh kalau tujuannya cuman untuk makan bukan sekalian mengenal yang punya rumah.

Ya begitulah suka dukanya tinggal dirantau pada saat puasa dan lebaran, rasanya dukanya mah dikit yakni kangen mudik, sukanya ya banyak, lebaran bisa jalan2 ama teman2 dan bisa open house kalau mau (gw hanya dua kali ajah ke open house , itu juga karena sejawatnya mas yang ngadain, tapi sekali pernah gabungan ama teman2 bikin open house yang berakhir dengan drama "berdarah", kapok dah).

Gak tau kapan kapan pengen juga bikin open house, tapi buat undangan ajah, biar gak ada tamu2 alien....
Males juga ah kalau terlalu banyak yang datang secara rumah kami kan mungil ajah....dan gak ada Siti lagi soale...


Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketAkhirul kata:

Selamat Iedul Fitri,
Mohon Maaf Lahir Bathin ya temans kalau ada salah2 kata, salah berucap dan salah bercanda.
Semoga puasa kita diterima oleh Allah, diampuni dosa2 kita, dan juga diterima amalan kita.
Semoga kita dipertemukan kembali dengan puasa yang akan datang. Amien.

dari kami
Estherlita, Bambang Santoso dan Bestramy Delfarza.

TAMAT. *kayak pelem kuno*


Back to : BAGIAN 1

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home